Pagar Kawat Bekaert Mendukung Acara Pertemuan Petani Sawit Nasional Indonesia

Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) bertepatan dengan Hari Ulang Tahun APKASINDO yang ke-23 mengadakan Pertemuan Nasional Petani Kelapa Sawit Indonesia pada tanggal 6-8 Desember 2023 di Hotel Grand Paragon, Jakarta.

Ini adalah pertemuan tingkat nasional kali ke-II bagi Asosiasi. Pada pertemuan kali ini, thema yang diusung adalah “Perkebunan Sawit Rakyat Pilar Ekonomi Indonesia”. Rencananya pertemuan tersebut akan dihadiri 1.000 petani yang berasal dari 164 DPD APKASINDO Kabupaten Kota dari 22 provinsi sentra sawit seluruh Indonesia. Cakupan ini artinya kurang lebih APKASINDO menaungi 17 juta keluarga petani sawit dan 12 juta keluarga pekerja sawit di seluruh Indonesia.

Pertemuan ini merupakan satu-satunya pertemuan nasional petani sawit skala besar yang dihadiri petani dari Aceh sampai Papua. Namun selain petani sawit, pertemuan nasional ini dihadiri juga dari stakeholder sawit lainnya dari asosiasi, akademisi, perguruan tinggi, kepala dinas perkebunan, dan pejabat pemerintahan yang berkaitan lainnya. Tujuan dari pertemuan ini adalah agar menghasilkan gagasan demi keberlanjutan perkelapasawitan di Indonesia. Acara lainnya adalah memberikan penghargaan APKASINDO AWARD kepada tokoh petani sawit.

Seperti diketahui bersama bahwa tantangannya saat ini adalah adanya ketidakharmonisan regulasi negara yang dampaknya menghambat pengembangan sektor perkebunan sawit rakyat. Jadi aspek kebijakan hulu-hilir sawit hingga permasalahan yang dihadapi berkaitan peremajaan sawit rakyat (PSR), tata niaga, dan sektor hilir akan dibahas dalam pertemuan kali ini. Secara kebetulan juga acara terjadi menjelang pesta demokrasi rakyat 2024. Sehingga pokok bahasanya pun membahas masa depan petani sawit menjelang Pemilu 2024 tersebut.

Pada acara tersebut, juga diadakan pameran produk-produk yang mendukung kemajuan industri sawit Indonesia, dimana Bekaert memperkenalkan produk-produk yang sangat berkualitas. Jaminan kualitas tinggi berasal dai penggunaan bahan dasar kawat baja karbon tinggi yang dilapisi Bezinal 2000 coating, yaitu lapisan Zinc 90% dan Aluminium 10%. Kawat Duri Baja Motto dan Pagar Anoa telah terbukti dipakai oleh para petani sawit di seluruh Indonesia. Di pertemuan ini, kami bertemu secara langsung dengan para petani yang sudah menggunakan produk-produk berkualitas tersebut serta memberikan testimoni bahwa produk yang sudah dipakainya bertahun-tahun masih tetap awet dan belum berkarat. Mereka akan membeli kembali apabila melakukan ekspansi perkebunan dan juga akan merekomendasikan kepada petani lainnya.