DPC HPDKI Boyolali Menggelar Kontes Domba Kambing

Pada Hari Sabtu dan Minggu lalu, yaitu di tanggal 2 dan 3 Desember 2023, dilaksanakan Kontes Kambing dan Domba dalam tajuk Pesta Peternakan Rakyat di Agro Ekowisata Gentong Kencana di Desa Kaligentong, Kecamatan Gladagsari, Boyolali.  Acara ini digagas oleh Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (DPC HPDKI) Boyolali, Jawa Tengah yang didukung oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Boyolali. Para peserta kontes tidak hanya berasal dari Kabupaten Boyolali dan Kabupaten di Jawa Tengah saja, namun juga dari Kabupaten Malang, Jombang, Kediri, Blitar, lalu ada juga dari Provinsi Yogyakarta dan Jawa Barat.

Saat ini populasi kambing di Jawa Tengah menempati peringkat 1 Nasional sebanyak  lebih dari tiga juta ekor dan populasi Domba menempati peringkat 2 Nasional setelah Jawa Barat sebanyak lebih dari dua juta ekor (Statistik Peternakan, 2022). Dari sini bisa dilihat kalau Jawa Tengah merupakan Provinsi yang penting dalam pengembangan peternakan ruminansia sedang untuk Negara Indonesia. Untuk mendorong dan melestarikan gairah peternakan Domba dan Kambing ini, salah satunya dengan adanya kontes.

Kontes Domba dan Kambing antara lain dibagi dalam kategori kambing Boer kelas bibit murni, kelas crossing Boer dan kelas extrim kambing bebas serta kategori karkas untuk Domba dan kambing (karkas adalah hewan potong lalu dilihat prosentase karkas tertingginya). Lalu ada juga kontes terbatas untuk Kambing PE Kaligesing khusus peserta dari Kabupaten Boyolali. Yang Unik pada kontes kali ini adalah pemenang Kontes Domba kategori Domba jantan dan betina ekstrim dengan bobot terberat akan dibeli seharga 50 juta. Lalu kedua pemenang tersebut akan dipotong untuk dinikmati Bersama-sama oleh para peserta kontes.

Untuk pemenang Domba Ekstrim adalah:

  1. Domba atas nama “Danu”, 132 Kg dari Bhinneka Farm
  2. Domba atas nama “Condro”, 131 Kg dari Daun Muda Farm
  3. Domba atas nama “Bison”, 123 Kg dari Banyuwangi Farm

Pagar Kawat Bekaert terlibat dalam pameran di acara ini dengan menawarkan Pagar Anoa sebagai Solusi pagar hewan ternak. Ini telah dibuktikan oleh Sebagian besar peternak di Jawa Tengah sendiri yang telah menggunakannya selama bertahun-tahun dan sampai sekarang dimana sudah lebih dari lima tahun, Pagar masih bertahan dari cuaca di luar ruangan. Ketahanan terhadap karat ini didapat dari penggunaan Bahan dasar baja karbon tinggi yang dilapisi Bezinal 2000 coating, yaitu lapisan Zinc 90% dan Aluminium 10%. Testimoni akan pemakaian oleh para peternak di Jawa Tengah, maupun di daerah lainnya bisa disaksikan di kanal youtube dan media sosial Pagar Kawat Bekaert lainnya.

Harapannya dengan adanya acara seperti ini maka akan mendorong peningkatan produktivitas  Domba & Kambing sebagai umber Protein Hewani di Jawa Tengah dan Boyolali pada khususnya. Sehingga ini secara sejalan akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan Masyarakat.